Web Semantic


Web semantic adalah pengembangan dari  World Wide Web, dimana informasi di web didefenisikan sehingga mesin memprosesnya lebih lanjut untuk disesuaikan dengan maksud user. Tujuan dari web semantic ini agar hubungan antara user dan computer berjalan lebih harmonis, dan user friendly tentunya.

Istilah web semantic  itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Web semantic  merujuk kepada kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami bahasa manusia hingga pada tingkat yang sangat cerdas, seperti memahami homonym, sinonim, atau atribut lainnya yang ada pada database web tersebut.

Menurut  http://www.cutegalzjelek.blogspot.com,  Cara kerjanya cukup rumit , Dalam XML, akan mereference ke URI. URI itu sendiri merupakan kode dari segala sesuatu dan objek-objek yang berbeda. Karena XML tidak bisa melakukan relasi data sehingga dia tidak bisa merepresentasi dengan entity lainnya. Sedangkan RDF bisa merepresentsikan hal ini, namun dia membutuhkan sebuah scema, sehingga lahirlah istilah RDFs. Namun, RDFs juga memiliki kelemahan, yaitu dia tidak bisa melakukan relasi one to many, sehingga disempurnakan oleh Ontology, dan akhirnya keluar istilah OWL (Web Ontology Language).

Ontology ini merupakan representasi dari XML, RDF dan URI. OWL ini bisa mengatakan berapa jumlah kardinalitasnya. OWL juga bisa melakukan restriction, misalnya satu mahasiswa boleh mengambil 9 mata kuliah. Owl juga bisa melakukan penalaran (reasoning), misalnya A dan B adalah bersaudara, kemudian B memiliki anak bernama C, maka dengan OWL ini akan bisa diketahui bahwa A adalah “uncle” dari C. Akan tetapi untuk mencantumkan semua data-data tersebut tetap membutuhkan URI. Hal demikian inilah yang mampu membuat mesin berfikir, karena mesin itu merupakan sebuah metadata, yang bisa ngecrack kemana saja.

Dengan adanya web semantic ini, maka user tidak perlu terlalu bersusah payah menyampaikan maksudnya ke mesin. Web akan berusaha mencari sendiri apa yang di maksud oleh user, sehingga seakan-akan computer tersebun memiliki otak sendiri yang dapat berkomunikasi dan mengetahui maksud dari user. Web semantic ini sering pula dikaitkan dengan system pakar.
SHARE

Ansari Milah Ibrahim

Hi. I’m Designer of Ansorpunya.blogspot.com. I’m graduate from Khairul Bariyyah Islamic Boarding School and Gunadarma University, Java Programmer, Pro Evolution Soccer Player, Dreamer, IELTS score Hunter, Scholarship Hunter, Writer and I am not sure who I’m actually. Just inspired to make things looks better and better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :

Unknown mengatakan...

Wah, thanks yah atas masukkannya,,,
Oke, langsung ane edit nih blog,hahaha...

hanum mengatakan...

terkait dengan implementasi web semantic, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/978/1/11106683.pdf