Memanggil program lain di dalam Java

 Assalamualaikum wr.wb

Kali ini kita akan membahas cara memanggil program lain di dalam Java. Tulisan ini saya posting berdasarkan pertanyaan teman saya, Denmas. Berikut adalah pertanyaannya:



Misal, gw punya 2 program.
Terus, gw pengen buat program ke -3, dimana program ke-3 ini bisa memanggil kedua program sebelumya, Gimana caranya ?? (tanpa import java.awt.Desktop dan import java.io.File , mungkin bisa menggunakan method gitu, kali hehehe)


Jawab:
Tepat sekali, kita dapat memanggil program lain dari java tanpa melakukan import java.awt.Desktop dan import java.io.File. Import yang teman saya maksud diatas adalah pengimportan sebuah class untuk dapat melakukan input output file. Dan juga class Desktop dapat memanggil program dari program lainnya. Namu keduanya dapat memanggil program dengan cara memanggil melalui directory program tersebut. Namun hal ini justru memiliki kelemahan, pertama program yang ingin kita panggil harus sudah excutable (dapat langsung dieksekusi. dalam java .jar), jadi bila masih .java yang akan terbuka adalah file .java di dalam notepad.

Jadi bagaimana baiknya? Penanganan yang paling tepat untuk masalah ini adalah menggunakan method show. Jadi kita perlu membuat objek dari program java yang ingin kita panggil tersebut. Untuk menjawab pertanyaan Denmas diatas, saya akan buatkan contoh sebagai berikut:

Saya mempunyai tiga buah program: progSatu.java dan progDua.java. Lalu saya ingin agar progTiga.java dapat memanggil progSatu.java dan progDua.java. Maka untuk itu kita dapat membuat objek dari progSatu.java dan progDua.java. Ingat dalam java semua hal adalah objek bahkan String pun adalah objek, bukan sebuah tipe data dalam java. Untuk contoh seperti diatas, coba perhatikan coding di bawah:



progSatu  objek1 = new progSatu();
objek1.show();

Tuliskan code diatas pada progTiga.java. Maka ke dua statment diatas akan membuat objek dengan nama objek1 yang mengacu pada class progSatu. Lalu method show() akan menjalankan objek (objek telah mengacu ke progSatu.java). Nah, untuk memanggil progDua.java, kita dapat menggunakan pendekatan yang sama:


progDua  objek2 = new progDua();
objek2.show();

Sekian, jika masih ada pertanyaan dapat langsung meninggalkan komentar, atau menanyakannya langsung pada page fb coding lover...


thanks... Wassalam








SHARE

Ansari Milah Ibrahim

Hi. I’m Designer of Ansorpunya.blogspot.com. I’m graduate from Khairul Bariyyah Islamic Boarding School and Gunadarma University, Java Programmer, Pro Evolution Soccer Player, Dreamer, IELTS score Hunter, Scholarship Hunter, Writer and I am not sure who I’m actually. Just inspired to make things looks better and better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :

Irham Pratiwi mengatakan...

Bagaimana kalau kedua program berlainan tipe. Misalnya program 1 menggunakan applet. dan program satunya lagi dengan java desktop. Bagaimana cara agar salah satu tobol yang ada di java desktop, ketika diklik dapat menampilkan program applet tadi.. Trm kasi...

Unknown mengatakan...

waduh, baru lihat ini komentar karna dulu nulis blog cuma iseng2 aja hehehe...

kalau seperti itu tampaknya sudah menjadi 2 program yang berbeda sehingga harus menjalankannya dengan paket desktop dari java, dalam artian anda menjalankan 2 program saat itu....