New Media : iPad

Kelompok :

Anshari Milah Ibrahim
Azhar Muhammad
Julius lumanto


PENGERTIAN NEW MEDIA

         New media, tidak ada istilah yang paling spesifik untuk menggambarkannya. Karena new media hanya dapat dilakukan dengan penjabaran secara umum. Yakni penggabungan dari media konvensional.
Manfaat media itu sendiri yang bisa kita rasakan adalah sarana untuk memudahkan dalam mendapatkan yang kita inginkan. 
        Dengan penambahan istilah “new”, berarti berhubungan dengan waktu. Seperti dengan adanya perubahan pada era modern serta bantuan teknologi computer , maka konsumen dapat menikmatinya secara atraktif. Jadi new media ini memberi kesempatan akses on-demand yang di peruntukkan untuk berbagai konten, tanpa batas tempat, perangkat digital serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan masyarakat dari isi media tersebut.


RUANG  CAKUP  NEW  MEDIA

           Media baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum, dsb yang menggunakan komputer sebagai media-nya. Jadi, sangatlah tidak tepat untuk memasukkan televisi, radio apalagi media cetak sebagai bagian dari media baru.

          Lalu apakah computer bisa pula kita sebut pula sebagai new media? Karena banyak orang yang beranggapan bahwa computer lah new media itu. Namun jika kita timbang, bukankah computer hanya sebuah mesin dan tidak bisa dijadikan sebagai barometer sebagai new media itu sendiri.




BEDA  NEW  MEDIA  DENGAN  MEDIA TRADISIONAL

          Yang membedakan media baru dari media tradisional bukan digitalisasi konten media ke bit, tetapi kehidupan yang dinamis dari "new media" isi dan hubungan interaktif dengan konsumen media itu sendiri. jadi singkatnya perbedaan new media dan media tradisonal yang paling nampak adalah pengaksesannya secara real time. 


IPAD

         iPad, perangkat komputer jinjing di antara laptop dan smartphone resmi diluncurkan Apple. iPad adalah “tablet” keluaran Apple yang tampilannya mirip iPhone. Fungsi iPad tak kalah dengan notebook yang bisa digunakan untuk mengakses multimedia, berselancar di web, dan bekerja.  Apple sendiri menawarkan Ipad dalam enam varian dengan 3 piliha ukuran memori, yaitu 16 GB, 32 GB, dan 64 GB.


 IPAD  SEBAGAI  NEW  MEDIA

        Seperti yang telah kita bahas di atas, tentang New Media dan tentang iPad, maka tidak lah salah bila kita menggolongkan iPad sebagai New Media. Masih mengacu pada sub bab sebelumnya tentang ruang cakup New Media, Maka iPad dapat di katakan sebagai New Media sebab  iPad adalah media baru yang secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya.

         Jadi yang di maksud New Media di sini bukanlah iPad dalam bentuk fisiknya, namun iPad dalam bentuk sofware dan tekhnologi yang ada di dalamnya, terutama tekhnologi internet secara khususnya.
 




Refrensi :
http://jempoluburubur.blogspot.com/2010/09/new-media-apa-itu.html
http://fikrilookup.wordpress.com/2011/01/05/new-media-ipad/
SHARE

Ansari Milah Ibrahim

Hi. I’m Designer of Ansorpunya.blogspot.com. I’m graduate from Khairul Bariyyah Islamic Boarding School and Gunadarma University, Java Programmer, Pro Evolution Soccer Player, Dreamer, IELTS score Hunter, Scholarship Hunter, Writer and I am not sure who I’m actually. Just inspired to make things looks better and better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :