Membuat Icon di CorelDraw

Tulisan kali ini saya buat dalam rangka menyelam sambil minum air, sambil makan ikan, gurita, cumi, udang, hehehe. Maksudnya, selain untuk menuh-menuhin blog, tulisan kali ini saya buat karena ditugaskan oleh dosen softskil di kampus :D. Selain itu, icon yang saya buat ini akan saya gunakan sebagai icon untuk aplikasi kuis yang saya buat dengan visual prolog, kalo anak gundar pasti ngerti dah, pasti project leb :P hehehe...

Oke, untuk dapat membuat icon menggunakan corel draw, terlebih dahulu kita harus mempunyai corel draw itu sendiri, search aja di google, sejibun kok :D. Selanjutnya gunakan saja freehand tools untuk membuat tanda tanya. Berikut Icon dari freehand tools.


Buat aja gambar seperti di bawah ini. ga usah bagus-bagus gan :D






Selanjutnya ganti freehand tools menjadi pick tools. berikut gambar pick tools.




Lalu klik gambar yang tadi kita buat hingga terseleksi, setelah itu clik kanan pada pallate warna yang terdapat di sisi paling kanan CorelDraw. klik kanan dilakukan untuk merubah warna di dalam gambar yang kita seleksi, sedangkan klik kiri untuk mewarnai garisnya. nah, sekarang coba ubah gambar tadi hingga berbentuk seperti ini.

Sebelumnya jangan lupa tebalkan dulu garisnya hingga 8.0 pt. Setelah itu tambahkan icon visual prolog dibawah gambar kita tadi, hingga membentuk tanda tanya seperti di bawah ini.





Oke, finish. sudah jadi... sekarang tinggal di eksport dengan ekstensi .ico. Meskipun jelek dan amburadul, namun ikon ini mempunyai filosofi yang saya buat sendiri loooh :D. berikut filosofinya :






Tanda tanya : Melambangkan kuis, karena icon ini akan dipakai sebagai ikon kuis yang saya buat, yang akan menanyakan banyak hal.

Warna biru : Melambangkan ilmu yang mendalam, karena untuk menjawab kuis yang saya buat, seseorang haruslah terlebih dahulu menguasai ilmunya. BTW nama kuis saya adalah kuis bahasa pemrograman, jadi harus mengerti bahasa pemrograman juga :D.

Warna merah yang membungkus warna biru : Melambangkan kerja keras dan keuletan. Artinya ilmu yang mendalam harus dibungkus dalam sebuah kerja keras dan keuletan, agar semakin terasa manfaatnya.

Lambang visual prolog : nah, karena aplikasi yang saya buat menggunakan visual prolog, maka sayapun memasukkan juga icon visual prolog :D

sekian... moga bermanfaat :D

SHARE

Ansari Milah Ibrahim

Hi. I’m Designer of Ansorpunya.blogspot.com. I’m graduate from Khairul Bariyyah Islamic Boarding School and Gunadarma University, Java Programmer, Pro Evolution Soccer Player, Dreamer, IELTS score Hunter, Scholarship Hunter, Writer and I am not sure who I’m actually. Just inspired to make things looks better and better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :

Erwin putra mengatakan...

dari pada digambar pake pencil tool mending pake font sor hahah

Unknown mengatakan...

pake font udah terlalu mainstream gan :D hahaha