Tools untuk membuat ontologi

Sebelumnya ansorpunya sudah memosting pengertian Web Semantic, Tools untuk membuat web, dan juga Pengertian tentang apa itu ontologi. Oke, masih berhubungan dengan ontologi, untuk dapat membuat ontologi,sudah pasti kita membutuhkan tools. Dalam artikel kali ini, tools yang dipaparkan belum semuanya dicoba, jadi hanya sebagai acuan bagi pengunjung ansorpunya yang sedang mencari tools ontology. cekidoot...


1. Protege

Protege adalah sebuah alat bantu yang berbentuk perangkat lunak yang digunakan untuk pengembang system untuk mengembangkan Knowledge-Base System. Aplikasi yang dikembangkan untuk pemecahan masalah dan pembuat keputusan dalam sebuah domain. Protege dikembangkan oleh sebuah organisasi yang bernaung di bawah Standford, yang mengambil spesialisasi dibidang ontology.
Segala sesuatu yang berhubungan dengan Protege dapat dilihat pada alamat http://Protege.stanford.edu/, termasuk tutorial dan komunitas pengguna Protege.


2.Altova

Tool yang kedua untuk membuat ontology adalah Altova Semantic Work yang dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat software Altova. Dengan menggunakan Altova Semantic Work, pengembangan ontology dilakukan dengan gambar-gambar. Yang dapat di lakukan pembuatan dan perubahan adalah RDF, RDFS dan OWL termasuk pemeriksaan sintaksis. Semua yang berhubungan dengan Altova Semantic Work dapat dilihat pada http://www.altova.com/products semanticworks.html.


3. Swoop

Ada sebuah tool lagi yang akan diuji, yaitu SWOOP. keduanya berasal dari Mindswap yang merupakan organisasi yang bergerak dibidang semantic web. SWOOP dibuat dengan menggunakan bahasa pemrogaman Java, yang berbasis Windows Base Aplication. SWOOP dapat diperoleh di dan http://www.mindswap.org/2004/SWOOP, termasuk segala yang berhubungan dengannya.


4. Top braid

Satu lagi pemodelan ontology yang dapat direkomendasikan untuk menyusun data semantis untuk manajemen basisdata informasi dan pengetahuan yaitu TopBraid, dibangun atas platform JAVA Eclipse.  Program ini free trial 30 hari.

dikutip dari :
wahyusetiawan, gunadarma
SHARE

Ansari Milah Ibrahim

Hi. I’m Designer of Ansorpunya.blogspot.com. I’m graduate from Khairul Bariyyah Islamic Boarding School and Gunadarma University, Java Programmer, Pro Evolution Soccer Player, Dreamer, IELTS score Hunter, Scholarship Hunter, Writer and I am not sure who I’m actually. Just inspired to make things looks better and better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :