Pengaruh pembelajaran terhadap pertumbuhan individu

Pengaruh pembelajaran terhadap pertumbuhan individu.

Pengaruh pembelajaran terhadap pertumbuhan individu seseorang tentu sangatlah besar. Wajar saja sebab dengan belajar, wawasan seseorang akan semakin bertambah, belajar apapun pasti seperti itu, dan pertambahan wawasan tersebut akan berpengaruh langsuh terhadap pertumbuhan individu sesorang.

Sekarang mari kita pahami dulu apa itu pertumbuhan.  Pertumbuhan dapat diartikan sebagai perubahan kuantitatif pada materiil sesuatu (dalam hal ini bisa kita artikan sebagai individu) sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan. Perubahan kuantitatif ini dapat berupa pembesaran atau pertambahan dari tidak ada menjadi ada, dari kecil menjadi besar, dari sedikit menjadi banyak, dari sempit menjadi luas, dan sebagainya. Ini tidak berarti, bahwa pertumbuhan itu hanya berlaku pada hal-hal yang bersifat kuantitatif, karena tidak selamanya materiil itu kuantitatif. Materil dapat terdiri dari bahan-bahan kuantitatif, dapat pula materil terdiri dari bahan-bahan kualitatif. Jadi, materiil itu dapat terdiri dari kualitas ataupun kuantitas.

Dari uraian di atas dapatlah kita merumuskan arti pertumbuhan pribadi sebagai perubahan kuantitatif pada materiil pribadi sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan. Lalu apa saja aspek-aspek yang mempengaruhi pertumbuhan?

Perubahan yang menyangkut materiil dan struktur fisiologis, sangat dipengaruhi oleh aspek-aspek tertentu yang mana aspek-aspek itu sendiri saling berhubungan. Adapun aspek-aspek yang mempengaruhi pertumbuhan meliputi:

1)      Aspek keseluruhan

Individu sebagai keseluruhan tumbuh oleh kondisi dan interaksi dari setiap aspek kepribadian yang ia miliki.

2)      Umur mental individu mempengaruhi pertumbuhannya

Umur mental individu mempengaruhi kapasitas mentalnya. Kapasitas mental individu menentukan prestasi belajarnya.

3)      Permasalah tingkah laku sering berhubungan dengan pola-pola pertumbuhan

Kita harus menyadari, bahwa pertumbuhan situasi-situasi menimbulkan hal-hal tertentu yang menimbulkan problem-problem tingkah laku.

4)      Penyesuaian pribadi dan sosial mencerminkan dinamika pertumbuhan

Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada individu akibat pertumbuhan dihadapkan dengan tantangan kultur masyarakat terutama harapan-harapan orangtua, guru-guru dan teman-teman sebayanya, tercermin di dalam penyesuaian sosialnya.

Nah, setelah kita mengetahui apa itu pertumbuhan beserta aspek aspek yang mempengaruhinya, tentu kita akan semakin paham mengapa pembelajaran sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan individu sesesorang! Jelas saja, sebab pertumbuhan itu sendiri, seperti yang sudah saya jelaskan di atas, sangat bergantung pada perubahan lingkungan.

Nah, bila kita belajar, tentu pengetahuan kita akan bertambah, apalagi bila kita belajar dalam sebuah sokolah formal, baik itu SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi, tentu lingkungan kita akan di kelilingi orang-orang yang berwawasan, dan hal itu akan membuat pertumbuhan kita bergerak ke arah yang lebih positif. Lalu bagaimana bila kita belajar secara otodidak? Tidak masalah! Belajar apapun pastilah akan mempengaruhi tingkah laku seseorang. Seperti kata guru psikologi saya, belajar itu bertujuan untuk merubah sikap dan prilaku, jadi bila sikap dan prilaku seseorang tidak berubah, berarti ia gagal dalam belajar.

So... setelah membaca artikel saya ini, saya harap anda akan mendapatkan tambahan wawasan. Yah... meskipun tidak seberapa, namun saya berharap tulisan ini akan mampu memengaruhi pertumbuhan individu anda ke arah yang lebih positif, sebab meskipun tulisan saya ini bukanlah topik yang baru, namun saya tetap berharap tulisan ini akan bermanfaat bagi anda, atau setidaknya bila anda merasa ada kekurangan dalam tulisan saya, saya sangat berharap anda mau memberikan masukan pada saya. Memberikan masukan juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan individu seseorang, sebab anda akan berfikir untuk memperbaiki sesuatu ke arah yang lebih baik...

By; Ansari Milah Ibrahim

 

refrensi;

www.scribd.com/doc/24851035/Makalah-Kebudayaan-Dan-Kepribadian
SHARE

Ansari Milah Ibrahim

Hi. I’m Designer of Ansorpunya.blogspot.com. I’m graduate from Khairul Bariyyah Islamic Boarding School and Gunadarma University, Java Programmer, Pro Evolution Soccer Player, Dreamer, IELTS score Hunter, Scholarship Hunter, Writer and I am not sure who I’m actually. Just inspired to make things looks better and better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :