lonjakan penduduk, problematika atau anugrah?

Lonjakan penduduk, problematika atau anugrah?

Masalah lonjakan penduduk rasanya sudah bukan hal yang baru lagi untuk di bicarakan, namun bukan berarti topik ini sudah basi untuk di bahas, faktanya masalah satu ini tidak kunjung menemukan titik terang pemecahan masalahnya. Lalu apakah karna tidak jua menemukan titik terang pemecahan masalahnya, topik satu ini menjadi tabu untuk di bicarakan? Ehm... rasanya tidak juga, sebab untuk masalah satu ini para ahli ternyata telah banyak mengemukakan  teori-teori ataupun pemecahan masalah yang mereka buat dengan pertimbangan yang matang.

Lalu bila memang para ahli telah banyak mengemukakan teori-teori dan pemecahan masalahnya, mengapa masalah lonjakan penduduk ini tetap menjadi salah satu masalah yang tergolong cukup berpengaruh bagi kehidupan negara kita? Jabannya adalah simple, “ternyata melaksanakan dan mengaplikasikan sebuah teori pemecahan masalah, tidaklah semudah membuat teori itu sendiri!” jadi meskipun teori yang di buat oleh para ahli tersebut adalah sebuah teori yang sangat mensolusi, tetap saja sebatas teori tidak akan mampu untuk mereda masalah lonjakan penduduk, khususnya di Negri kita ini.

Lalu ada pertanyaan lagi, apakah benar masalah lonjakan penduduk akan berpengaruh terhadap suatu negara? Jabannya juga simple, “lonjakan penduduk akan sangat berpengaruh terhadap suatu negara, sebab salah satu unsur Negara adalah rakyat atau penduduk!” jadi kesimpulannya jelas, bila penduduknya mengalami masalah, otomatis akan menyebabkan masalah pula bagi Negara.

Lalu apakah benar lonjakan penduduk adalah sebuah masalah? Ehm, tampaknya sudah bukan rahasia umum lagi kalau ternyata lonjakan penduduk di Indonesia adalah sebuah masalah yang cukup rumit. Lonjakan penduduk bisa menimbulkan masalah di hampir semua aspek kehidupan. Apa saja masalah yang akan timbul akibat lonjakan penduduk ini? Mungkin sangat banyak dan akan sangat melelahkan untuk di bahas di sini, jadi kita akan mengambil beberapa contoh  akibat dari lonjakan penduduk.


1. Masalah ekonomi; Lonjakan penduduk yang sangat pesat akan sangat mempengaruhi perekonomian negara. Jangankan negara, lonjakan penduduk dalam sebuah keluarga saja akan membuat perekonomian keluarga tersebut menjadi tersendat. Sebuah keluarga yang memiliki dua orang anak tentu akan memiliki pengeluaran yang lebih sedikit di bandingkan dengan keluarga yang memiliki lima orang anak. Dengan adanya lonjakan penduduk juga akan memperketat persaingan kerja, sehingga lowongan kerja yang hanya sedikit tidak akan mampu menampung calon pekerja yang membludak akibat lonjakan penduduk. Alhasil, mereka yang tidak mendapat pekerjaan akan menjadi pengangguran yang tidak berpenghasilan.

2. Masalah sosial; Lonjakan penduduk juga tentunya akan sangat mempengaruhi masalah sosial dalam suatu masyarakat. Lonjakan penduduk akan menyebabkan terjadinya beberapa masalah sosial yang telah acap kali kita lihat, kriminal misalnya, hal ini biasanya akan berkaitan juga dengan masalah ekonomi.

3. Masalah kebudayaan; Lonjakan penduduk akan membuat kebudayaan suatu bangsa memudar secara perlahan. Dengan banyaknya penduduk di suatu daerah menyebabkan terjadi banyaknya perpindahan penduduk, perpindahan penduduk yang tidak terkendali menyebabkan dalam suatu daerah terdapat banyak kebudayaan, sehingga pada akhirnya masyarakat tersebut secara perlahan akan meninggalkan kebudayaan daerah tersebut.

Lalu bagaimana solusinya agar problematika lonjakan penduduk ini bukan lagi menjadi masalah? Lagi-lagi jawaban yang simple, “Jadikanlah problem tersebut sebuah anugerah!”. Pemerintah telah cukup optimal melancarkan program KB (keluarga berencana), namun tentunya lonjakan penduduk tidak dapat di tekan begitu saja, maka dari itu jadikanlah lonjakan penduduk tersebut sebagai sesuatu yang positif. Jika kita bisa mengkoordinirnya, negara bisa memberikan pelatihan kepada para masyarakat lapis bawah untuk dapat lebih kreatif sehingga bisa menjadi SDM yang berkualitas. Bukan hanya masyarakat lapis bawah, seluruh lapisan masyarakat jika bisa di tingkatkan kualitas SDMnya, tentu lonjakan penduduk tidak akan menjadi masalah lagi. Jelas saja, sebab jika Indonesia memiliki SDM yang berkualitas, masalah ekonomi yang menjadi inti dari masalah lonjakan penduduk ini, tidak akan terjadi. Sebab SDM yang berkualitas justru akan  meningkatkan perekonomian negara. Bila begitu, bukankah pertumbuhan penduduk akan menjadi suatu anugrah?

Namun tetap saja semua yang saya tulis di atas tersebut hanyalah sebuah teori, di tambah saya bukanlah seorang ahli di bidang tersebut. Teori tidak akan dapat memecahkan masalah tanpa ada realisasi secara real. Jadi ini semua hanyalah sebuah teori yang tidak akan ada artinya tanpa adanya tindakan nyata, namun semoga saja tulisan ini akan dapat berguna bagi pembaca, entah itu buat sekedar bacaan iseng atau sebagai referensi untuk sekedar menambah wawasan. Tentunya masukan dari pembaca juga akan sangat saya hargai, baik itu berupa kritikan yang membangun ataupun saran. Semoga berguna...

By; Ansari Milah Ibrahim
SHARE

Ansari Milah Ibrahim

Hi. I’m Designer of Ansorpunya.blogspot.com. I’m graduate from Khairul Bariyyah Islamic Boarding School and Gunadarma University, Java Programmer, Pro Evolution Soccer Player, Dreamer, IELTS score Hunter, Scholarship Hunter, Writer and I am not sure who I’m actually. Just inspired to make things looks better and better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :