Tempat-tempat menakjubkan di bumi (1) Gunung berapi dallol

sumber: http://forum.detik.com

Subhanallah... ternyata bumi ini di penuhi dengan tempat-tempat menakjubkan yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita!! tempat yang benar benar mampu melena mata dengan segudang keindahannya. kali ini saya brousing di mbah google tentang gunung berapi dallol, meskipun terkenal dengan suhunya yang panas, namun gunung berapi ini memiliki sejuta manfaat serta keindahan yang tak ternilai harganya!! takjub dah gan...
Secara umum Dallol adalah merupakan karang yang terbentuk karena letusan gunung berapi freatik pada tahun 1926 di Depresi Danakil, timur laut Erta Ale Range di Ethiopia. Karena letusan tersebut, Dallol terbentuk dan sejumlah titik lainnya yang serupa kawah dataran garam di dekatnya. Kawah tersebut merupakan lubang vulkanis subaerial terendah di dunia dengan kerendahan lebih dari 45 m (150 kaki) di bawah permukaan laut. Kawah ini membentuk pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Karena berasal dari letusan gunung berapi dan berupa kawah, maka tidak lah heran kalau Dallol ini mempunyai temperatur yang panas. Rekor rata-rata temperatur tinggi untuk Dallol dan untuk lokasi yang dihuni di bumi adalah 34 derajat celcius (94 derajat Fahrenheit) per tahun, tercatat antara tahun 1960 dan 1966. Dallol juga merupakan salah satu tempat paling terpencil di Bumi. Tidak ada jalan untuk transportasi seperti mobil, motor, dan sebagainya. Satu-satunya transportasi yang ada adalah kafilah unta yang melakukan perjalanan ke daerah itu untuk mengumpulkan garam. Istilah Dallol ini diciptakan oleh orang-orang Afar yang mempunyai arti pembubaran atau disintegrasi menggambarkan lanskap yang terdiri dari kolam asam (pH-nilai sekitar 2) oksida besi, belerang dan garam dataran gurun. Daerah ini mirip dengan mata air panas daerah Yellowstone Park yang ada di Amerika cuma Dallol tampaknya lebih lebar. Lalu apakah ada yang jual beli rumah di sekitar Dallol? Jawaban nya pasti tidak ada ya, wong rumah aja tidak ada disana.

foto dari vivanews.com:




















Subhanallah...
begitu menakjubkan bukan!!!
semoga kekuasaan Allah ini semakin mendekatkan kita padanya. Cobalah kita pandangi lagi foto di atas, mungkinkah mahakarya sebegitu hebatnya dapat terjadi dengan sendirinya??? hahahah, anak TK juga tau klo ga mungkin ada permen tampa ada pabrik permen!!!
SHARE

Ansari Milah Ibrahim

Hi. I’m Designer of Ansorpunya.blogspot.com. I’m graduate from Khairul Bariyyah Islamic Boarding School and Gunadarma University, Java Programmer, Pro Evolution Soccer Player, Dreamer, IELTS score Hunter, Scholarship Hunter, Writer and I am not sure who I’m actually. Just inspired to make things looks better and better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :