Evolusi komputer


EVOLUSI  KOMPUTER


A. PENGERTIAN KOMPUTER; Komputer adalah suatu sistem yang memiliki prosesor dan mampu menerjemahkan dan menjalankan suatu intruksi. Komputer pada umumnya berfungsi sebagai mesin yang memproses data input dan menghasilkan keluaran yang dapat digunakan pada lingkungan aplikasi tertentu.
B. SEJARAH PERKEMBANGAN GENERASI KOMPUTER; Sejak tahun 1940, industri komputer telah mengalami lima dekade  dan mengalami banyak perubahan. Tiap generasi komputer ditandai dengan perubahan kecepatan pada implementasi pembuatan blognya yang dari relay ke tabung vakum, diode dan transistor, sirkuit skala kecil dan medium yang diintregasikan, hingga pada skala besar dan skala yang sangat besar yang juga diinteragasikan. Sedangkan perkembangan komputer itu sendiri di bagi atas beberapa generasi, yaitu:
-Komputer generasi pertama; Komputer jenis ini di temukan pada awal tahun 1950-an. Komputer ini hampir semua komponennya diprogram dalam bahasa mesin. Komputer ini menggunakan konsep memory (stored progreme). Komponen pada komputer maacam ini adalah tabung hampa udara atau vacuum tube. Simpanan luarnya adalah magnetic tape dan magnetic disk. Ukuran fisik komputer inipun terbilang sangatlah besar, hingga komputer ini membutuhkan  ruang yang luas.
-Komputer generasi kedua; setelah di temukannya komputer generasi pertama yang menggunakan tabung hampa udara, maka para ahli terus berusaha untuk mengembangkan komputer hingga memiliki ukuran yang lebih kecil. Maka muncullah komputer generasi kedua yang mengganti tabung hampa dengan transistor yang membuat komputer memiliki ukuran fisik yang relatif lebih kecil dan juga memerlukan energi listrik yang lebih kecil.
-Komputer generasi ketiga; Pada generasi ketiga ini sangat banyak terjadi peningkatan, diantaranya adalah kapasitas penyimpanan yang semakin besar. Serta  di komputer generasi ketiga inilah  pulalah mulai di kenal program serbaguna yang mengerjakan tugas-tugas secara otomatis yang sebelum di kerjakan oleh manusia. Kompatibalitas komponen-komponennya juga semakin memudahkan pengembangan system computer. Dan yang paling sangat terlihat pada komputer generasi ketiga ini adalah ia mampu untuk mengerjakan operasi secara serempak (paralel). Lalu kemampuan komputer generasi ini untuk mengerjakan proses yang lebih rumit dibandingkan proses batch yang sederhana. System operasi time-sharing mulai di gunakan setelah tahun 1960-an. Memori virtual juga mulai di kembangkan dengan menggunakan system memori terstruktur secara hirarki. Dan pada komputer generasi tiga ini juga di tambahkan kemampuan untuk menangani aplikasi-aplikasi bisnis dan sains dalam mesin yang sama. Ciri-ciri lainnya dari komputer generasi ketiga ini adalah
*menggunakan sirkuit terintegrasi (ic)
*magnetic core dan penyimpanan utama yang padad (32k-3mb)
*lebih fleksible dengan i/o; beriontasi disk
*penggunaan bahasa pemprograman tingkat tinggi yang lebih luas

-Komputer generasi keempat; komputer generasi keempat mempunyai bentuk yang lebih kecil, contohnya adalah mikro komputer dengan sirkuit LSI yang ditempatkan oleh sirkuit VLSI (Very large scale integreted circuit). Sedangkan karakteristiknya adalah sebagai berikut.
*peningkatan dalam rancangan modular dan kompatibalitas antara hardwere yang di sediakan oleh pabrik yang berbeda.
*aplikasi: simulasi dan model matimatika, transfer dana elektronik, perancangan manufakturing.

-Komputer generasi kelima; generasi ini di mulai pada tahun 1980 hingga sekarang, namun masih banyak perbedaan pendapat pada komputer generasi kelima ini. Namun komputer generasi kelima ini diperkirakan akan digunakan secara meningkat untuk memproses data non numerik seperti manipulasi symbol dan menggunakan intelegensi buatan (Artificial intelegent)

C. BAGIAN-BAGIAN KOMPUTER;  Komputer terbagi dari tiga bagian yaitu:
-Hardwere; merupakan peralatan fisik yang digunakan untuk menjalankan system komputer dan mengelola penyimpanan dan aliran data serta sepanjang jalur komunikasi internal. Sedangkan komponen yang membentuk suatu system komputer terdiri dari lima komponen, yaitu:
*input device
*storage unit
*CPU
*Output device
-Softwere; merupakan perangkat lunak yang berisikan instruksi program untuk mendayagunakan komputer pengolah data tersebit atau komponen komponen dalam data procesing system yang berupa program program dan tehnik-tehnik lain untuk mengontrol system. Berikut ini adalah contoh system:
*sytem operasi; Dos, Windows, Linux
*aplikasi
*program
-Brainwere; adalah orang yang menjalankan komputer, yaitu orang yang mempunyai kemampuan untuk memelihara, menggunakan atau mengembangkan komputer. Sedangkan Brainwere atau user sendiri dapat di kelompokkan dalam tiga tingkatan, yaitu:
*sistem analis
*programer
*operator

Refrensi: lintang.staff.gunadarma.ac.id/.../pengantar+komputer+1A+-+2-9.pdf

by: Ansari Milah Ibrahim
SHARE

Ansari Milah Ibrahim

Hi. I’m Designer of Ansorpunya.blogspot.com. I’m graduate from Khairul Bariyyah Islamic Boarding School and Gunadarma University, Java Programmer, Pro Evolution Soccer Player, Dreamer, IELTS score Hunter, Scholarship Hunter, Writer and I am not sure who I’m actually. Just inspired to make things looks better and better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :

Anonim mengatakan...

mantap gan... wkwkwkw