Ideologi kota masyarakat desa


Kehidupan kota masyarakat desa.
Masyarakat desa terkenal dengan ikatan sosial yang tinggi antara sesama masyarakat, hal tersebut mungkin di sebabkan oleh banyaknya aktivitas yang dapat di lakukan penduduk pedesaan secara bersama-sama, contohnya saja gotong royong! Namun semakin ke depan kehidupan kota sudah mulai merambahi pedesaan. Hubungan antara urbanisasi dan penyimpangan terdapat dalam berbagai bentuk penyimpangan termasuk kejahatan, delinkuensi, alkoholisme, ketergantungan obat, dan berbagai bentuk gangguan mental dan bunuh diri sudah mulai merambahi pedesaan. Sebelumnya, tingkat kejadian bentuk-bentuk perilaku menyimpang tersebut adalah tinggi di kota-kota dibandingkan dengan komunitas lainnya yang lebih kecil.  
Di berbagai negara di dunia ditemukan perkembangan dan pertumbuhan penyimpangan berkaitan dengan proses urbanisasi. Urbanisasi membuat bagian kota tertentu tumbuh menjadi daerah pemukiman di mana lebih banyak kesempatan ekonomi. Daerah pinggiran di kota-kota berubah menjadi daerah pertumbuhan ekonomi yang mengikuti pertumbuhan pembangunan ekonomi dan tenaga kerja di daerah ini. Sementara di pusat kota tetap ada warga kelas bawah. Mereka dalam kondisi miskin dan dengan tingkat penyimpangan yang tinggi. Lebih dari itu, penyimpangan berkaitan dengan kehidupan di pusat kota. Hubungan penyimpangan dan kota berkaitan erat dengan karakeristik sosial kota, yaitu urbanisme, daripada dengan aspek fisik hidup di antara banyak orang di kota.
Urbanisme adalah gaya hidup yang berkembang di kota dan ditunjukkan oleh berbagai gambaran kehidupan sosial kota, termasuk konflik norma, perubahan sosial yang cepat, mobilitas, materialisme, individualisme dan peningkatan kontrol sosial formal. Di kota orang harus belajar cara berfikir dan berbuat yang baru dan mereka harus melakukannya di tengah banyak orang yang berbeda dalam ide dan kejadian. Orang juga harus belajar di dalam formasi subkebudayaan dengan norma dan nilai-nilai yang berbeda karena besarnya populasi, serta kemungkinan menemukan orang lain yang mempunyai keinginan dan nilai yang serupa, betapapun berbedanya mereka dalam kebudayaan yang lebih besar. Hilangnya kontrol sosial tradisional membuat masyarakat kota lebih bebas menyimpang dari norma-norma tradisional dan lebih sedikit mendapat sanksi negatif atas perilakunya. Tingginya diferensiasi sosial inilah yang mendorong penyimpangan di kota.
Kota juga tempat di mana beragam sifat menyimpang terjadi. Sifat-sifat ini berkaitan dengan kondisi struktural kota yang permisif dan mendorong perkembangan subkebudayaan, dengan pola perilaku yang berbeda. Sifat-sifat ini diadaptasi masyarakat kota dari sejumlah sumber termasuk hubungan asosiasi, lingkungan bertetangga, keluarga, media massa dan okupasi. Di kota, banyak kesempatan bagi orang untuk terekspos oleh sifat-sifat menyimpang dari berbagai sumber.
Namun mengapa hal-hal negative yang biasaya hanya terdapat di perkotaan tersebut bisa sampai ke pedesaan? Saya mencoba berpikir sejenak dan berpendapat bahwa mungkin saja hal-hal ini yang menyebabkan kehidupan perkotaan semakin menyerupai kehidupan di kota-kota:
1. Adanya anggapan bahwa kehidupan seperti di pedesaan adalah hal yang kuno, sehingga masyarakat pedesaan semakin meninggalkan adat kebiasaan daerahnya.
2. Semakin rendahnya kesadaran masyarakat pada agama, biasanya hal ini terjadi di kota-kota sebab penghuni perkotaan biasanya merasa diri mereka hebat hingga melupakan Tuhan, namun hal ini sekarang sudah mulai merambah ke pedesaan.
3. Akses informasi yang sudah tidak terbendung, sehingga memungkinkan para masyarakat desa mengadopsi gaya hidup perkotaan yang biasa di tampilkan di media-media manapun, terutama televisi.
Daftar pustaka: http://pustaka.ut.ac.id/
By: Ansari Milah Ibrahim

SHARE

Ansari Milah Ibrahim

Hi. I’m Designer of Ansorpunya.blogspot.com. I’m graduate from Khairul Bariyyah Islamic Boarding School and Gunadarma University, Java Programmer, Pro Evolution Soccer Player, Dreamer, IELTS score Hunter, Scholarship Hunter, Writer and I am not sure who I’m actually. Just inspired to make things looks better and better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :